fadhilah (keutamaan) bulan rajab

   "sesungguhnya  jumlah bulan menurut Allah ia lah dua belas bulan sebagaimana ketetapan Allah pada waktu dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram. itulah ketetapan agama yang lurus, maka janganlah kamu mendzalimi diri mu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya. dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa'' (QS. At Taubah (9) :36)


     Kata rajab diambil dari mashdar  tarjib, yang artinya memuliakan. dan juga disebut  dengan kata Ashab, artinya ; yang tercurah, karena didalam bulan itu rahmatnya tercurah kepada orang-orang yang bertaubat,   sehingga diterimanya amal-amal orang-orang yang beramal. juga disebut dengan kata Al- Asham, yang artinya tuli, karena didalam bulan itu tidak akan mendengar suara peperangan.

     sabda Rasulullah s.a.w "rajab adalah bulan Allah,Sya'ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku"

    seorang ahli isyarat menjelaskan bahwa  kata Rajab, yang terdiri dari tiga kata yaitu huruf Ra, Jim, dan Ba, mempunyai arti sebagai berikut  Ra adalah rahmat Allah, Jim adalah jarima dan jinayah hamba , Ba adalah biru Allah (kebakan Allah).

    Abu hurairah r.a meriwayatkan : 
Rasulullah s.a.w bersabda , "barang siapa yang berpuasa pada hari kedua puluh tuju dari bulan Rajab, ditulislah baginya pahala puasa enam puluh bulan"

       Itulah kebesaran bulan rajab , karena dibulan rajab malaikat Jibril datang pertama kali ke pada Nabi Muhamad  s.a.w dan di bulan rajab pula beliau diisra'kan
          sabda Rosullah s.a.w "ingat lah rajab adalah bulan Allah yang Asham , maka barang siapa yang berpuasa sehari  didalam bulan rajab  dengan beriman dan mencari pahala Allah, dia telah berhak memperoleh keridhan allah yang bsar"

        Disamping bulan Rajab , ada pulah tiga bulan haram lainnya  yang dibesarkan oleh Allah s.w.t yaitu : bulan Dzil-Qa'idah, Dzil Hijjah dan Muharam. denagn demikian ada empat bulan termasuk Rajab
    
Title : fadhilah (keutamaan) bulan rajab
Description :    "sesungguhnya  jumlah bulan menurut Allah ia lah dua belas bulan sebagaimana ketetapan Allah pada waktu dia menciptakan langit dan ...

0 Response to "fadhilah (keutamaan) bulan rajab"

Post a Comment

Followers

Visit us on Google+