cara mempersiapkan diri menyambut bulan Ramdhan


cara mempersiapkan diri  menyambut bulan ramadhan


         muba --  cara mempersiapkan diri menyambut ramadhan, tentunya kita tidak ingin momen  spesial bulan ramadhan tahun ini terlewat begitu saja bukan,?,
         kesempatan mungkin tidak  datang ke dua kali . maka persiapan matang akan membuat kita sukses melalui bulan ramadhan dan menjadi alumni ramadhan yang muntijah, yang berhak ber-idul fitri merayakan kemenangan nanti di satu syawal.
        Ramadhan adalah bulan amal yang nantinya kita persembahkan kepada Allah, tentunya persiapan ini tidak main-main. lalu apa saja yang dapat kita lakukan untuk mempersiapkan diri untuk menyambut  Ramadhan? ada banyak hal yang dapat kita lakukan. oleh karena itulah Rasulullah mengajarkan untuk mempersiapkan (i'dad) Ramadhan jauh hari sebelum kedatangannya.

     Berikut ini adalah beberapa persiapan-persiapan yang harus dilakukan.

   1.  persiapan secara Jasadiyah

           persiapan secara fisik dengan membiasakan shaum-shaum sunnah seperti senin-kamis, shaum Ayyamulbidh, shaum dawud atau melunasi tagihan puasa tahun lalu, tetapi dengan catatan dimakruhkan berpuasa diakhir bulan syaban.
            selain itu melatih fisik agar terbiasa dengan pola makan yang bar, sehingga ketika ramadhan nanti keberkahan dapat diraih  dengan ibadah yang optimal dan tetap produktip, karena bulan ramadhan tidak disetting untuk orang yang pemalas. tapi ber-fastabiqul khairat memburu pahala. karenasetiap detik dibulan ramadhan begitu berharga dan sangat sepesialbahkan setiap hembusan napas kita pun  bernilai ibadah.
            Nah mulai sekarang kita latih fisik kita untuk tahan lapar dengan memperbanyak puasa  sunnah dibulan syaban ini. 

  2.  persiapan secara Fikriyah

         Ini juga yang tidak kalah penting persiapan secara fikri atau mempersiapkan ilmunya. Dahulu ada yang pernah bertanya  bagaimana hukumnya jika mimpi basah  dibulan ramadhan, apakah puasanya batal? Nah seharusnya  pertanyaan seperti ini mulai kita cari jawabannya  sebelum bulan ramadhan  sehingga saat memasuki bulan ramdhan  sehingga kita tidak dipusingkan lagi dengan hal-hal kecil seperti ini.
        Untuk mendapat solusi cepat dan tepat  inilah kita perlu kesiapan fikriyah , mulai sekarang baca buku tentang bulan ramadhan,  silaturahmi dengan ustad untuk menanyakan hal-hal yang masi kita ragukan, sehingga pada saat bulan ramdhan datang kita telah siap menghadapinya.

3. persiapan secara Ruhiya

         Bulan ramadhan  adalah bulan peningkatan  keimanan bulan penghapus dosa, bulan penuh ampunan. nah untuk menghadapi bulan ini diperlukan kondisi ruhiya yang mantap. mulai sekarang  kondisikan ruhiya kita untuk mengakrabi Al-Qur'an dan amalan-amalan sunah, sehingga ramadhan nanti kita menjadi berkah.  maka  perlu dikondisikan  pekan-pekan ruhiya  setiap bulannya,  bisa disaat bersamaan  dengan hari-hari yaumulbidh , agar nuansa  ramadhan sudah dapat dirasakan, sehinga perasan didalam dadah tidak sabar lagi untuk menyambut bulan ramdah sesungguhnya  

4.  persiapan Maaliyah 

      Di penghujung bulan ramadhan adanya kewajiban mengeluarkan zakat jiwa atau fitrah. dan sudah menjadi sebuah kelaziman di masyarakat indonesia. melakukan pembayaran zakat pada bulan ramadhan. meskipu n tidak harus dibayarkan dibulan ramadhan, karena zakat maal adalah bergantuk bilah telah tercapai nisob pada rukun waktu setahun. maka agar tidak merepotkan dan menggangu pelaksanaan  ibadah ramadhan. lebih baik  bila penghitungan zakat  maal telah dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. sehingga saat ramadhan tiba  tinggal pelaksanaannya saja  tinggal menunaikan saja. kemudian selain 2 zakat tadi hendaklah memperbanyak sodakoh..

   Orang bijk mengatakan "tidak pernah ada kesempatan kedua" maka dari itu  kita harus mengoptimalkan  ramadhan kita ditahun ini  untuk beribadah total dengan ikhlas  sepenuh hati mengharap ridho Allah, agar nantinya di 1 syawal kita menjadi kupu-kupu  yang indah dan penuh pesonah , dengan pancaran akhlak kita.  sehingga bulan ramadhan tahun ini , kita bisa lulus  emnjadi alumni-alumni  ramadhan yang muntujah  seperti kupu-kupu cantik  dan mempesona yang keluar dari kepompongnya yang membuat mata takjub akan keindahannya.

Baca juga artikel ini:
 
Title : cara mempersiapkan diri menyambut bulan Ramdhan
Description :          muba --  cara mempersiapkan diri menyambut ramadhan , tentunya kita tidak ingin momen  spesial bulan ramadhan tahun ini terl...

0 Response to "cara mempersiapkan diri menyambut bulan Ramdhan"

Post a Comment

Followers

Visit us on Google+